fbpx
logo increasink blog

Sudah Tahu Brand Positioning Alfamart adalah apa?

September 12, 2022
brand positioning alfamart adalah

Brand positioning Alfamart adalah…apa? Memangnya beda dengan Indomaret? Bukannya sama saja?

Pernahkah Anda bertanya-tanya soal Alfamart dari segi bisnis? Kenapa bisa mirip dengan Indomaret? Apa yang membuat keduanya mampu bertahan bahkan menjadi raksasa di bidang mereka, sementara persaingan di bidang itu sangatlah ketat?

Sekilas tentang bisnis Alfamart maupun saingannya

Seperti apa strategi bisnis Alfamart dan Indomaret

Memang, keduanya merupakan minimarket terbesar di Indonesia.

  • Sementara Indomaret memiliki total sekitar 20.000 gerai per Maret 2015, Alfamart memiliki total hampir 16.000 per 2022.
  • Gerai keduanya pun tersebar di banyak tempat dan lokasinya dekat sekali dengan rumah kita.

Dari segi finansial pun keduanya tidak jauh berbeda:

  • Per 2020 nilai penjualan Indomaret mencapai Rp 84,07 Triliun, Alfamart mencapai Rp 74,9 triliun.
  • Franchise fee 5 tahunan Indomaret sebesar Rp 36 juta, Alfamart sekitar Rp 45 juta.

Kalau sudah seperti ini, lantas bagaimana keduanya bisa mempertahankan konsumen masing-masing?

Bagaimana bisa keduanya terus berkembang dan selalu menjadi raksasa?

Apakah ada yang membedakan keduanya?

Untuk menjawabnya, kami akan langsung mengutip pendapat dari masing-masing pimpinan mereka. Tentang, seperti apa positioning Indomaret maupun Alfamart.

Menurut Direktur Pemasaran PT Indomarco Prismatama Wiwiek Yusuf, sebagaimana dikutip dari laman Marketing.co.id, Indomaret sejak awal sudah menegaskan konsep “belanja tidak usah jauh-jauh”.

Makanya kita sering menemukan Indomaret di dekat rumah kita, atau minimal di tempat-tempat strategis seperti stasiun kereta api, bandara, atau semacamnya.

Supaya kita, sebagai konsumen Indomaret, tidak perlu lagi pergi jauh-jauh untuk sekadar berbelanja kebutuhan sehari-hari. Apalagi sampai harus melalui area yang rawan macet.

Baca Juga  Brand Equity Aqua Ternyata Sudah Kita Ketahui Dari Dulu

Jadi, brand positioning Alfamart adalah

Brand positioning Alfamart adalah

Sekarang, bagaimana dengan Alfamart? Apakah positioning-nya sama dengan Indomaret?

Masih merujuk sumber yang sama, Corporate Affair Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Solihin mengatakan, Alfamart memposisikan dirinya sebagai toko komunitas yang menjual berbagai kebutuhan pokok sehari-hari dengan harga terjangkau, kemudahan mengakses lokasi, serta kualitas pelayanan.

Jadi bisa dilihat ya brand positioning Alfamart adalah apa. Apa perbedaannya dengan Indomaret.

Indomaret menekankan kemudahan berbelanja di mana pun kita berada, sementara brand positioning Alfamart adalah terkait kenyamanan dalam berbelanja.

Memang, akibatnya ke mana?

Dari segi customer journey-nya.

Indomaret membangun kedekatan dengan konsumen ketika konsumen mencari gerai terdekat.

Sedangkan Alfamart menjalin hubungan dengan konsumen saat mereka berada di dalam toko mencari kebutuhannya.

Untuk meyakinkan Anda, mungkin kami akan mengutip hasil penelitian Artarika Permatasari & Osa Omar Sharif mengenai perbedaan positioning di antara Indomaret dan Alfamart berdasarkan persepsi konsumen di Bandung. 

Temuan mereka menunjukkan bahwa:

  • Indomaret menempati posisi pertama pada aspek service, location, merchandise assortment, communication mix, dan pricing.
  • Alfamart unggul pada atribut store layout dan design.

Firmansyah (2009) dalam penelitiannya terkait brand positioning Alfamart adalah apa, mengungkapkan, atribut toko Alfamart berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk. Pengaruhnya sangatlah signifikan.

Berarti memang benar kalau brand positioning Alfamart adalah seperti tadi yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Key takeaways

Brand positioning alfamart adalah soal kenyamanan dan experience selama berbelanja langsung di gerai Alfamart

Pada intinya, ketika kita dihadapkan dengan persaingan bisnis, di mana corak bisnis kita tidak berbeda jauh dengan kompetitor, kita harus berani menentukan brand positioning minimal dua atau lebih yang sekiranya berbeda dengan baik.

Jika sudah yakin dengan itu, barulah kita pertajam semaksimal mungkin.

Baca Juga  Brand Positioning, Apa Itu? Penjelasan, Manfaat, & Cara Menentukannya

Jadikan itu sebagai nilai jual bisnis Anda. Buktikan kepada para konsumen, baik itu dari segi citra toko maupun akun media sosial (medsos).

Kebolehan Alfamart dalam bersaing dengan Indomaret bukanlah suatu kebetulan. Itu sudah dirancang dan dipersiapkan sebaik mungkin, dengan menggunakan strategi-strategi yang ada.

Seperti penempatan produk, misalnya, itu juga sudah dipikirkan baik-baik tujuannya untuk apa.

Katakanlah coklat dan permen, kedua produk itu sengaja ditempatkan di kasir dengan jarak satu pandang dengan anak kecil. Supaya anak-anak tertarik dan mau membeli.

Dari segi kebersihan pun turut diperhatikan.

Display atau produk selalu dibersihkan secara rutin. Jika ada produk yang kemasannya rusak, langsung diganti dengan yang kualitasnya baik.

Anda pun bisa meniru gaya Alfamart dengan syarat sudah memahami dan menentukan brand positioning Alfamart dengan baik.

Ingat, brand positioning Alfamart adalah kenyamanan berbelanja, maka dilakukanlah strategi-strategi seperti tadi.

Ingin membuat brand positioning dengan mudah? Silakan hubungi Increasink!

Increasink merupakan digital agency yang bergerak di bidang branding dan digital marketing.

Kami sudah memiliki pengalaman selama puluhan tahun dengan bisnis perorangan dan perusahaan. Kebetulan, kami juga membuka layanan brand creation dan brand management.

Silakan hubungi nomor di laman ini jika Anda berminat. Kami lebih dari kata siap untuk melayani kebutuhan bisnis Anda!

Terima kasih dan semoga bermanfaat!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.

× Whatsapp Kami