Topik seputar brand dan branding sering dibahas oleh kita, karena memang kunci kemajuan bisnis tergantung pada dua hal itu. Namun, pernahkah kita mendengar pembicaraan soal brand evaluation? Mengingat ia sama pentingnya dengan dua hal tadi.
Mau bagaimanapun, bisnis Anda akan terus berkembang mengikuti kemauan pasar.
Mungkin saja sebelumnya Anda dan tim kekeh ingin menampilkan citra brand seperti A, tapi seiring berjalannya waktu jumlah konsumen Anda terus bertambah sehingga citra brand bisa saja bergeser ke B atau C.
Masalahnya, ketika Anda dan tim terlalu terpaku dengan citra yang lama, apa yang brand tampilkan ke depan malah tidak sesuai dengan keinginan dan ekspektasi dari konsumen.
Brand pun akan dirasa kurang relate, dan mungkin saja konsumen akan lari memilih kompetitor.
Itulah alasannya kenapa Anda dan tim perlu melakukan brand evaluation.
Selain tahu bagian mana saja dari brand yang perlu dievaluasi, Anda dan tim juga akan tahu bagaimana melakukan rebranding atau repositioning yang tepat.
Karena tidak sedikit juga kasus di mana brand sudah melakukan brand evaluation secara rutin, tapi rebranding atau repositioning-nya malah berujung gagal dan mendapat sentimen negatif.
Ketika ditanya apa alasannya, ternyata kurang tepatnya cara mengaudit brand menjadi biang keladinya.
Apa itu brand evaluation?
Sederhananya, brand evaluation adalah suatu standar untuk menentukan sudah seberapa bagus dan efektif mana aktivitas branding dari brand bagi konsumen, stakeholders, maupun Anda sendiri. Parameter yang biasanya digunakan adalah seperti:
- Berapa harga yang harus dikeluarkan untuk satu atau lebih aktivitas branding
- Dari satu atau lebih aktivitas branding, apakah konsumen memiliki kecenderungan yang tinggi untuk membeli produk
- Apakah waktu dan periode dari aktivitas branding juga berpengaruh
- Apakah aktivitas branding A hanya efektif untuk audiens X atau malah ternyata audiens Y juga
- Dan seterusnya
Itu baru dari aspek branding secara umum.
Bagaimana jika brand evaluation digunakan untuk mengetahui bagaimana pengaruhnya terhadap keuangan dan seberapa cuan brand di mata audiens?
Nah, untuk perhitungannya nanti, akan melibatkan variabel laba, ROI, penjualan, dan lainnya.
Bagaimana jika mau melakukan brand evaluation lebih menyeluruh?
Anda dan tim tinggal menggabungkan kedua pendekatan tadi ke dalam satu framework yang sama.
Pada framework ini, akan ada namanya hubungan antara keuangan dan aktivitas branding. Selengkapnya Anda dapat lihat pada gambar di bawah ini.
Kalau sudah digabungkan seperti ini, nantinya apa-apa yang dievaluasi dari brand Anda adalah sebagai berikut:
- Kekuatan dan reputasi brand secara keseluruhan
- Keunggulan dan kelemahan dari brand
- Seberapa besar pengaruh kegiatan marketing terhadap brand
- Seberapa besar dampak brand bagi konsumen maupun stakeholders
- Mengapa brand bisa berkembang sejauh itu
Disclaimer dulu sebelumnya, brand evaluation Anda dengan kompetitor atau bahkan brand di industri lain tidak harus sama, lho.
Mau bagaimanapun, kebutuhan setiap dari kalian pasti berbeda satu sama lain, sehingga Anda dan tim tidak bisa asal meniru begitu saja.
Meski begitu, brand evaluation framework yang sudah kami paparkan sebelumnya bisa menjadi pedoman bagi Anda dan tim dalam mengevaluasi brand, dengan indikator penilaiannya diambil dari apa-apa yang kalian dapatkan di lapangan.
Masalahnya, data-data untuk indikator penilaian ini tidak boleh sembarangan diambil, karena memiliki dampak besar terhadap bagaimana Anda dan tim dalam melakukan brand evaluation, apakah hasil perhitungannya akan akurat atau tidak.
Berikut gambar brand evaluation framework untuk memudahkan Anda dan tim dalam mengevaluasi brand:
Selain dapat melakukan brand evaluation secara akurat, mengikuti apa-apa yang ditunjukkan pada gambar di atas juga mempermudah Anda dan tim dalam mengetahui hubungan satu indikator penilaian dengan yang lainnya.
Sehingga, ketika dihadapkan dengan suatu kasus — katakanlah strategi branding kurang efektif, Anda dan tim tahu apa penyebab pastinya — tidak sekadar asal berasumsi saja.
Andai kata Anda masih bingung bagaimana melakukan brand evaluation secara tepat, Anda bisa berkonsultasi dengan Increasink. Kami sudah berpengalaman selama 10 tahun dengan bisnis perorangan maupun perusahaan dalam urusan branding. Mungkin bisa menjadi pertimbangan bagi Anda.
Satu lagi. Kami kebetulan juga sedang membuka FREE 1 sesi konsultasi bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan jasa kami. Bukankah menjadi peluang yang bagus untuk Anda berdiskusi soal brand evaluation?
Klik link di sini untuk segera berkonsultasi. Soal jadwal dan sebagainya tidak usah khawatir. Akan kita bicarakan lebih lanjut, ya.
Semoga bermanfaat!
Sumber: Brand Finance | Forbes