fbpx
logo increasink blog

Brand Equity Aqua Ternyata Sudah Kita Ketahui Dari Dulu

December 14, 2022
Brand Equity Aqua Ternyata Sudah Kita Ketahui Dari Dulu

Percaya tidak kalau ternyata brand equity Aqua sudah kita ketahui sejak dulu? Bahwa ternyata apa yang kita kira sebagai sesuatu yang melekat pada brand Aqua memang benar brand equity-nya.

Tapi, tunggu dulu…brand equity itu apa, ya? Kenapa sampai akhirnya kita harus membahas brand equity, terutama brand equity Aqua? Memang, manfaatnya untuk kita apa, ya?

Simak artikel ini sampai habis, karena di artikel ini kita akan membahas:

  • Sekilas mengenai bisnis Aqua
  • Faktor-faktor dari brand equity Aqua
  • Perbandingannya dengan Ades
  • Brand equity dari Aqua

Tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja kita bahas, ya!

Sekilas mengenai bisnis Aqua

brand equity Aqua
Ilustrasi Aqua @ Info Terkini 24

Sebenarnya kami sudah sempat mengulas bisnis Aqua di artikel yang membahas tentang brand positioning Aqua.

Tapi, tidak apa-apa. Kami akan menceritakannya kembali di artikel ini.

Pada intinya, Aqua merupakan produk air minum dalam kemasan (AMDK) yang kita konsumsi setiap hari.

Aqua menjadi pelopor AMDK yang sampai saat ini selalu menjadi raksasa di industrinya.

Sampai-sampai kalau menyebutkan AMDK, yang pertama kali kita ingat selalu Aqua.

Meski sekilas tampaknya remeh, informasi ini amat penting untuk mengenali dan mengetahui brand equity Aqua.

Bagaimanapun, brand equity merupakan seperangkat nilai atau manfaat yang pada akhirnya membentuk keseluruhan nilai dari brand itu sendiri.

Baca Juga  Konsumen Bayar Lebih Mahal untuk Sebuah Produk, Mungkinkah Terjadi?

Melewatkan satu fakta kecil saja, bisa-bisa analisis kita mengenai brand equity Aqua meleset dari yang seharusnya.

Apa lagi fakta mengenai Aqua?

  • Sempat terancam gulung tikar di tiga tahun pertama penjualan. Namun, tidak jadi lantaran harga dinaikkan tiga kali lipat, sehingga Aqua dipandang sebagai produk AMDK yang segar dan berkualitas.
  • Sejak 1993, Aqua selalu menyuarakan keresahannya terhadap isu lingkungan hidup, salah satunya diwujudkan dengan membuat kemasan plastik yang ramah lingkungan.
  • Aqua beberapa kali mendapat penghargaan seputaran sebagai “best brand award”, mulai dari tahun 2002 – 2007.
  • Aqua selalu memastikan agar produk AMDK-nya sehat dan berkualitas, mulai dari pengolahan hingga pengemasan produk.

Faktor-faktor dari brand equity Aqua

Dari fakta-fakta mengenai Aqua, kita bisa tahu apa saja yang menjadi faktor-faktor dari brand equity Aqua.

Bagaimanapun, seperti kita bahas sebelumnya, brand equity adalah seperangkat nilai atau manfaat yang membentuk keseluruhan nilai dari suatu brand.

Itu berarti, faktor pembentuk brand equity tidak satu-dua komponen saja, melainkan lebih dari itu.

Namun, di artikel ini kita hanya mengerucut pada keempat faktor saja, yakni brand awareness, brand association, perceived quality, dan brand loyalty.

Kira-kira, apa saja yang menjadi faktor dari brand equity Aqua?

1. Brand awareness

Brand awareness ialah kemampuan konsumen dalam mengenali, mengidentifikasi, dan mengingat brand.

Dengan merujuk pada fakta-fakta mengenai bisnis Aqua, maka faktor brand awareness Aqua adalah sebagai berikut:

  • Orang-orang tahu bahwa Aqua merupakan AMDK pertama di Indonesia
  • Sering melihat iklan Aqua di mana-mana.

2. Brand association

Sementara brand association menunjukkan sejauh mana konsumen dalam mengingat sebuah merek, dan apakah itu dalam takaran negatif ataupun positif.

Baca Juga  Niche Market adalah Pemutar Roda Bisnis

Pertanyaannya, bagaimana konsumen dalam memandang Aqua?

  • Konsumen merasa seperti minum air segar asli setiap meminum produk Aqua.
  • Produk Aqua dipersepsikan higienis
  • Apalagi karena deskripsi kandungan mineral dalam tiap kemasannya lengkap.

3. Perceived quality

Seperti namanya, persepsi kualitas.

Atau dengan kata lain, bagaimana konsumen menilai keunggulan dari suatu produk.

Seperti kalau dalam kasus Aqua:

  • AMDK Aqua dianggap mempunyai kualitas sebagaimana dalam benak konsumen
  • AMDK Aqua mempunyai packaging yang dianggap memberi rasa aman terhadap keberlangsungan lingkungan.

4. Brand loyalty

Brand loyalty berarti kesetiaan konsumen terhadap suatu brand, sehingga mereka rela mengambil tindakan pembelian secara berulang-ulang.

Dalam konteks Aqua, berarti:

  • Konsumen rela membayar lebih mahal untuk membeli produk AMDK Aqua ketimbang produk sejenis lainnya
  • Setiap mau membeli AMDK, yang dicari tetap Aqua dan bukan merek lain.

Perbandingan dengan Ades

Bagaimana dengan Ades? Apakah brand equity Aqua sama dengan Ades atau justru malah berbanding terbalik?

Jawabannya: kita dapat mengetahuinya dari brand equity Ades itu sendiri lalu membandingkannya dengan brand equity Aqua.

Satu per satu dari brand awareness terlebih dahulu.

Sementara brand awareness Aqua sudah menjadi top of mind dari lini AMDK, atau berarti ada di puncak dari piramida brand awareness.

Brand awareness Ades baru sampai di tahap brand recall — atau kalau di piramida brand awareness masih pada tingkat kedua.

Bagaimana dengan brand association Ades?

Aqua masih jauh lebih unggul ketimbang Ades.

Oleh karena Aqua sudah diingat sebagai produk AMDK terbaik dari segi higienitas, kesegaran, maupun segalanya terkait AMDK itu sendiri.

Alhasil, brand association Aqua lebih mudah terbentuk di dalam diri konsumen ketimbang brand association Ades.

Baca Juga  Customer Journey: Mengetahuinya, Bisnis Anda Bisa Sukses Keras

Sementara perceived quality Ades?

Aqua sudah menguasai pangsa pasar dan menjadi market leader di lini AMDK, sehingga perceived quality di lini AMDK dikuasai betul oleh Aqua.

Secara otomatis membuat Ades tidak menguasai keseluruhan perceived quality.

Bagaimana dengan brand loyalty Ades?

Sedang Aqua sudah berada di tingkatan Committed Buyer — tingkatan tertinggi dari brand loyalty, Ades baru sampai di level Satisfied buyer atau dengan kata lain tingkatan ketiga dari brand loyalty.

Brand equity dari Aqua

Dengan demikian, brand equity dari Aqua adalah sebagai top of mind di lini industri AMDK. Bahkan, mengungguli salah satu kompetitor terdekatnya, yaitu Ades.

Oleh karena, menjadi top of mind membantu Aqua dalam banyak hal, di mana kemudian hal-hal tersebut membentuk brand equity dari Aqua.

Itu berarti, kita mau tidak mau harus berpacu menjadikan brand kita sebagai top of mind di lini industri masing-masing. Agar dapat membentuk brand equity yang kuat.

Brand equity yang kuat nantinya dapat membantu penjualan dan bahkan membentuk brand secara keseluruhan dengan kuat.

Bagaimana? Tertarik menjadikan brand Anda kuat di lini industri Anda? Mari konsultasikan dengan Increasink!

Increasink merupakan digital branding agency dengan pengalaman menangani persoalan digital branding perusahaan dan perorangan. 

Kami menyediakan layanan brand management seperti brand equity untuk Anda kembangkan dalam bisnis Anda. Silakan klik di sini jika Anda berminat.

Bersama Increasink, membangun bisnis menggunakan teknik storytelling!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.