Ini serius, bukan hoaks: brand association adalah kunci merek Anda dicintai konsumen. Kunci sukses tidaknya penjualan Anda secara jangka panjang.
Pertanyaannya: benarkah begitu? Apa yang melandasinya? Memang, brand association itu apa?
Brand association adalah…

Tolak ukur yang menunjukkan seberapa dalam hubungan antara merek Anda dan konsumen. Apakah hubungan yang terbangun menjurus positif atau malah negatif. Apakah selama ini ternyata malah tidak terjalin hubungan sama sekali. Itu.
Pertanyaannya: ketika konsumen membeli produk kita, apakah itu sudah dikatakan membangun hubungan? Atau malah belum sama sekali?
Jawabannya: bisa dikatakan, iya. Namun sayangnya, hubungan yang seperti itu sesungguhnya masihlah dangkal.
Maksudnya begini.
Ketika membeli suatu produk, rasa apa yang biasanya muncul dalam diri kita? Apakah itu rasa puas, bahagia, dan bentuk perasaan positif lainnya? Sedih, kecewa, merasa ditipu? Atau malah hampa?
Jika Anda menjawab positif atau negatif, maka bisa dikatakan hubungan yang terbangun sudah cukup kuat. Namun kalau ternyata hampa, itu berarti hubungan Anda dengan konsumen belum begitu kuat.
Itu berarti, produk tidak bisa dijadikan patokan utama dari bagus tidaknya brand association kita. Ada kemungkinan hal-hal lain turut berpengaruh terhadap terbentuknya brand association.
Apa saja itu?
Citra merek, emosi yang diciptakan, pengalaman konsumen, dan faktor personal dalam diri konsumen. Itu.
Contoh brand association adalah…

Contoh!
Saat membahas film keluarga, apa yang pertama kali terlintas dalam pikiran kita? Disney atau Pixar, bukan?
Atau mobil listrik yang kebetulan akhir-akhir ini sedang booming. Apa yang biasanya Anda ingat? Betul, Tesla?
Atau sepatu olahraga yang tampilannya keren dan terkesan berani. Bagaimana? Langsung ingat nama Nike kan?
Kira-kira seperti itulah gambaran dari brand association. Ia muncul dengan cepat dalam satu kata, gambaran, atau konsep di benak kita.
Untuk bisa seperti itu, tentu merek-merek tadi yang sudah disebutkan sebelumnya, harus memiliki hubungan yang kuat dengan masing-masing audiens mereka.
Tidak bisa namanya menjual satu dua produk nama mereka langsung muncul begitu saja.
Harus ada citra merek yang kuat, emosi yang dirasakan, pengalaman yang dilalui, dan memang sesuai dengan preferensi atau selera konsumen. Harus ada itu semua.
Kalau tidak ada, itu namanya nama merek saja. Bukan brand association. Bukan, bukan sama sekali.
Brand association lebih dari itu. Ia terkesan abstrak dan sulit diterjemahkan, tetapi konsumen bisa merasakan kehadiran merek dengan baik. Bisa mengingat merek dengan mudah.
Jadi, sekarang Anda sudah paham ya apa itu brand association dan seperti apa dampaknya bagi merek Anda.
Manfaat brand association adalah…

Brand association bermanfaat untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen.
Apakah mereka sudah merasa cukup dengan kehadiran merek kita. Atau malah selama ini merek kita tidak menghadirkan solusi dalam hidup mereka. Itu semua bisa kita tahu dari brand association.
Berikutnya, kita juga jadi tahu strategi mana yang sekiranya tepat.
Apakah strategi marketing A sudah tepat dengan target audiens kita yang seperti itu. Apakah strategi branding tidak sesuai dengan kondisi saat ini.
Dari situ, kita akan terpacu untuk terus meramu strategi marketing dan branding kita. Untuk menemukan strategi yang paling tepat.
Terakhir, kita juga jadi bisa memprediksi keuntungan dan kerugian dari strategi marketing dan branding kita. Karena, tadi, strategi kita jadi lebih efisien dan tepat sasaran. Sesuai dengan apa yang diinginkan target audiens. Sehingga menghemat lebih banyak pengeluaran.
Bagaimana? Anda ingin menciptakan brand association yang kuat dan positif?
Memang akan menjadi pekerjaan rumah yang sulit untuk dilakukan. Tetapi hasil akhirnya bisa sangat bermanfaat bagi kita. Pendapatan bisnis bisa stabil dalam jangka panjang.
Anda maunya tanpa ribet? Bagaimana kalau Anda menghubungi Increasink? Kebetulan kami juga membuka layanannya, lho!
Increasink sendiri merupakan digital agency yang bergerak di bidang branding dan digital marketing. Kami sudah berpengalaman selama 10 tahun dengan bisnis perorangan maupun perusahaan.
Silakan hubungi nomor di laman ini jika Anda berminat. Kami lebih dari kata siap untuk melayani kebutuhan Anda.
Terima kasih dan semoga bermanfaat.