fbpx
logo increasink blog

Bagaimana Brand Advocate Membantu Memajukan Bisnis Anda secara Cuma-Cuma!

September 14, 2022
brand advocate

Brand advocate membantu memajukan bisnis! Apa benar? 

Memangnya, apa itu brand advocate?

Gambaran dari brand advocate

Ialah mereka yang membantu mengangkat nama merek kita secara sukarela. Jadi, mereka mau saja membantu mempromosikan merek kita melalui word of mouth marketing (WOM), tanpa kita harus keluar biaya membayar mereka.

Analoginya seperti ini…

Analogi dari brand advocate

Bayangkan di masa sengitnya kompetisi seperti sekarang ini. Bagaimana jadinya bisnis kita jika ada brand advocate. Apa jadinya bisnis kita dalam lima tahun ke depan. Tentu akan lebih dari apa yang kita bayangkan!

Seperti kita tahu sendiri, sekarang ini kalau ingin bisnis kita menang, kita harus menjual emosi, bukan produk. 

Bagaimana caranya kita bisa membantu konsumen merasa terhubung emosionalnya. Bagaimana mereka bisa merasakan adanya suatu kepemilikan selama berinteraksi dengan kita. 

Karena kalau kita menjual produk, kita hanya tinggal menunggu waktu untuk tergerus oleh waktu. Mau bagaimanapun juga, produk dari suatu merek dengan merek lainnya itu rata-rata hampir sama semua. Beda dikit pun hanya pada fiturnya.

Demikianlah jika ingin memenangkan kompetisi, kita harus membuat konsumen mencintai merek kita. Cinta yang sampai pada tahap menjadi sangat loyal (bahkan setara dengan tingkatan dewa) dan selalu terdorong untuk mempromosikan bisnis kita.

Coba, sekarang kami tanya. Kenapa produk lokal seperti Indomie pada akhirnya bisa sangat populer, bahkan sampai diakui oleh banyak orang di seluruh dunia. Kenapa orang-orang ketika mendengar kata ‘mie’, yang langsung diingat adalah Indomie? Bukan merek-merek lainnya?

Baca Juga  4 Tips Sukses Branding untuk Brand Healthcare

Rasa keterikatan secara emosional dan bangga dengan produk Indomie. Itu.

Rasa keterikatan secara emosional dan bangga dengan produk indomie.

Ketika tanggal tua, misalnya, kita seringnya mengonsumsi produk-produk Indomie sehingga selalu membekas di ingatan kita. Bumbu khasnya pun mudah untuk diingat dan dibedakan dengan mie-mie pada umumnya. Rasa bangga pula karena ada produk lokal Indonesia yang melanglang buana di seluruh dunia.

Diakui atau tidak pun, kita secara tidak sadar sering mempromosikan Indomie dalam percakapan sehari-hari. Entah dengan teman, kerabat, ataupun rekan kerja. Kalau bingung mau makan apa mungkin bisa memilih Indomie, misalnya.

Nyatanya, 92 persen dari konsumen kita cenderung mencari testimoni langsung dari orang-orang di sekitarnya sebelum memutuskan membeli suatu produk. Dengan demikian, kehadiran brand advocate sangat membantu mempromosikan sekaligus memajukan bisnis kita.

Pertanyaannya: siapa saja yang bisa jadi brand advocate? Apakah perlu ada kualifikasi tertentu? Atau semua bisa menjadi brand advocate begitu saja?

Pertanyaan seputar brand advocate

Jawabannya: semua bisa menjadi brand advocate bisnis kita. Mau itu konsumen, karyawan, partner bisnis, ataupun influencer. Semua bisa tanpa terkecuali.

Yang jelas, mereka adalah orang-orang yang puas dengan produk kita. Orang-orang yang selalu mendapat kesan positif dari bisnis kita, baik dari segi pelayanan maupun produk kita. Orang-orang yang akan selalu berada di garda terdepan membela merek kita begitu ada suatu isu atau gosip berseliweran di jagat maya.

Orang-orang yang rajin membagikan experience ke social circle-nya. Orang-orang yang secara sukarela menjadi brand ambassador bagi merek kita.

Kalau sudah seperti ini, bukankah kita jadi tidak perlu bergantung dengan iklan yang serba mahal? Apalagi jika brand advocate kita sangat berlimpah ruah jumlahnya; manfaat yang diperoleh akan menggantikan iklan!

Baca Juga  Bukan Hoaks, Brand Association adalah Kunci Merek Anda Dicintai Konsumen!

Jadi, bagaimana? Sekarang, Anda sudah tahu ya harus melakukan apa!

Artikel ini bermanfaat? Silakan kunjungi laman ini untuk membaca artikel-artikel Increasink lainnya!

Dapatkan notifikasi tentang artikel-artikel terbaru kami dengan cara berlangganan dengan Increasink.co.id. Silakan isi data diri dan klik tombol “silakan berlangganan” di bagian bawah artikel.

Terima kasih dan semoga bermanfaat!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.

× Whatsapp Kami