fbpx
logo increasink blog

Brand Activation adalah Kunci, Berikutnya Baru Branding

September 30, 2022
Brand activation adalah

Betul, Anda tidak salah membaca: brand activation adalah kunci, berikutnya baru branding!

Pertanyaannya: kenapa bisa begitu? Bukannya di mana-mana branding dulu? Memangnya, brand activation itu apa?

Brand activation adalah…

Apa Itu Brand Activation?

Suatu cara meningkatkan kehadiran merek dengan melakukan berbagai cara yang mendukung. 

Misal, katakanlah bisnis Anda bergerak di bidang kosmetik perempuan. 

Tentu untuk bisa mengungguli kompetitor, Anda dan tim harus melancarkan serangkaian taktik yang mendukung. Seperti, katakanlah, bekerja sama dengan influencer atau artis ternama, beriklan di papan reklame, dan sebagainya.

Tidak mungkin ‘kan bisnis Anda berdiam diri saja menunggu para konsumen datang dengan sendirinya? Tanpa angin tanpa hujan — terkecuali kalau merek sudah mendapat nama.

Kira-kira seperti itulah gambaran dari brand activation.

Pertanyaannya: apakah berhenti sampai di situ saja? Kalau begitu, apa bedanya dengan marketing maupun branding?

Jawabannya: tentu tidak.

Poin terpenting dari brand activation adalah bagaimana setiap konsumen bisa aktif pemikirannya terkait merek Anda.

Jadi, istilahnya, merek tidak hanya hadir sekali dua kali dalam pikiran konsumen. Tetapi, sepanjang waktu.

Itu berarti, kita harus memikirkan bagaimana caranya merek bisa memberikan impact yang luar biasa. Bagaimana caranya agar yang dijanjikan dalam iklan memang benar adanya.

Manfaat dari brand activation adalah…

Manfaat dari Brand Activation adalah

Karena, seperti dikatakan tadi, tujuan dari brand activation adalah untuk meningkatkan kehadiran merek. Bagaimana caranya agar konsumen semakin mengenali merek kita. Bahkan, sampai menjadikan merek kita sebagai salah satu tujuan hidup mereka.

Brand activation adalah senjata pamungkas Anda untuk mendapatkan kesetian konsumen secara jangka panjang. Senjata pamungkas untuk melumpuhkan geliat bisnis kompetitor. Senjata pamungkas untuk memenangkan bisnis Anda di pasar.

Baca Juga  Bolehkah Agama Dijadikan Konten Promosi? Yuk, Belajar dari Kasus Holywings!

Tanpa brand activation, sulit rasanya bagi bisnis untuk mendapatkan penjualan yang stabil. Konsumen tidak mungkin menaruh hati pada merek yang brand activation-nya lemah atau bahkan tidak pernah hidup sama sekali.

Jadi, sekarang Anda paham ya kenapa harus melakukan brand activation?

Bentuk-bentuk brand activation, ada apa saja?

Bentuk-bentuk brand activation adalah sebagai berikut...

1. Digital marketing activation: brand activation yang biasanya kita lakukan di media sosial atau kanal-kanal digital lainnya. Seperti misal, Facebook, email, WhatsApp, dan sebagainya. 

2. Promotions activation: mengaktifkan kehadiran merek dengan menggunakan taktik promosi. Seperti misal, potongan harga, giveaway, bekerja sama dengan brand ambassador. Dengan begitu, orang-orang akan semakin tahu dan mengenal merek kita.

3. Marketing event activation: mengajak pelanggan untuk mengikuti acara atau event menarik yang Anda buat (misal: pameran, lomba, expo, dan sebagainya). Dari situ, bisa saja pelanggan semakin tertarik untuk mengikuti event Anda lainnya atau bahkan mengenal merek Anda lebih jauh.

4. Experimental activation: intinya meningkatkan pengalaman positif pelanggan selama berinteraksi atau menjalin hubungan dengan merek kita. Misal, katakanlah Anda membuat sebuah challenge menarik terkait produk Anda di TikTok. Pengguna yang tertarik tentu akan terdorong membeli produk Anda agar bisa memenangkan challenge. Dari situlah merek Anda bisa semakin dikenali orang-orang.

5. Sponsorship activation: menjadi sponsor untuk acara atau event bergengsi seperti festival musik, pertandingan olahraga, dan sebagainya. Selain nama merek disebutkan oleh pembawa acara, produk Anda juga bisa saja dipromosikan selama event berlangsung. Bukankah merek Anda bisa jadi semakin dikenali orang-orang?

Sudah siap melakukan brand activation?

Sudah siap melakukan brand activation?

Itulah penjelasan singkat mengenai brand activation, bagaimana ia berperan penting sebagai kunci suksesnya bisnis Anda. Bagaimana ia menjadi dasar atau pijakan dari aktivitas branding Anda.

Baca Juga  Ini 4 Tanda Brand Siap Viral dengan "Riding The Wave"!

Bagaimana? Siap melakukan brand activation? Sudah tahu langkah-langkahnya seperti apa?

Kalau kamu inginnya cepat dan langsung beres, coba hubungi Increasink! Kebetulan kami juga membuka layanan brand management!

Increasink sendiri merupakan digital agency yang bergerak di bidang branding dan digital marketing. Kami sudah berpengalaman selama 10 tahun menangani bisnis perorangan maupun bisnis perusahaan.

Silakan hubungi nomor di laman ini jika Anda berminat. Kami lebih dari kata siap untuk melayani kebutuhan Anda.

Terima kasih dan semoga bermanfaat!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.