Apa itu Bot Instagram? Apa Bahayanya bagi Bisnis Anda?

July 1, 2022

Beberapa di antara kita mungkin pernah melihat akun bisnis Instagram lain atau minimal akun kompetitor punya banyak followers, entah ada puluhan ribu, ratusan ribu, atau bahkan sampai jutaan. Padahal, umur akunnya tidak jauh berbeda dengan punya kita. Sungguh aneh, bukan?

Namun, tunggu dulu. Sebelum merasa iri dan tertinggal dari kompetitor, alangkah baiknya Anda menenangkan diri terlebih dahulu. Tarik napas dalam-dalam, kemudian keluarkan perlahan-lahan. Buka mata Anda lagi, dan lihat, apakah benar jumlah followers mereka masuk akal atau malah ‘rekayasa’? 

Bukan bermaksud berburuk sangka. Namun, kenyataannya beberapa brand sekarang ini ingin sukses dengan cepat, sekalipun harus menggunakan metode atau cara yang sebenarnya tidak disukai oleh Instagram, seperti menumbuhkan akun tanpa melakukan apa-apa.

Tidak melulu dengan membeli followers, akun bisa bertumbuh hanya dengan menggunakan tools atau program yang canggih. Biarkan tools bekerja sedemikian rupa sehingga nantinya akun bertumbuh dengan sendirinya — seolah-olah akun mendapatkan banyak followers secara natural. 

Salah satu tools tersebut adalah bot Instagram, sebuah program untuk membantu penggunanya berinteraksi dengan banyak postingan secara otomatis tanpa perlu bersusah payah.

Anda cukup menargetkan postingan dengan hashtag atau dari akun tertentu, lalu membiarkan bot Instagram bekerja, di mana akun Anda secara otomatis akan memberi likes, meninggalkan comment, dan bahkan follow akun yang ditargetkan. Enak sekali, bukan?

Namun, bukan berarti bot Instagram tidak memiliki risiko. Justru, penggunaan program tersebut bisa berakibat fatal pada akun Anda, mulai dari menghilangnya engagement di setiap postingan, menurunnya kepercayaan followers, sampai akun ditutup secara paksa. Kenapa bisa begitu?

Berikut penjelasannya:

1. Menghilangnya engagement di setiap postingan

Menghilangnya Engagement │ Dok. Increasink

Jadi begini. Anda harus tahu bahwa kebanyakan akun yang di-follow oleh bot Instagram adalah bot Instagram juga. Karena, pada dasarnya, bot Instagram tidak mampu membedakan mana akun orisinal dan mana yang dijalankan oleh program bot.

Artinya, pekerjaan Anda dan tim akan percuma saja jika mengandalkan bot untuk meningkatkan engagement postingan.

2. Akun ditutup secara paksa

Akun Ditutup Secara Paksa │ Dok. Increasink

Seperti sudah disinggung sebelumnya, menggunakan bots termasuk perbuatan yang melanggar pedoman komunitas Instagram.

Maka, tak perlu kaget lagi jika Anda menggunakan bots, tapi kemudian akun Anda tiba-tiba ditutup secara permanen. Itu berarti pihak Instagram sudah mendeteksi adanya kejanggalan dalam aktivitas akun Anda.

Kalau seperti ini, akan seperti apa nasib bisnis Anda. Terlebih, jika bisnis Anda sedang dalam masa berkembang.

3. Menurunnya kepercayaan followers

Menurunnya Kepercayaan Followers │ Dok. Increasink

Perlu diketahui bahwa saat menggunakan bot Instagram, akun Anda akan memberi komentar dan membalas pesan secara otomatis. 

Akan sangat memungkinkan bagi akun Anda untuk menyampaikan pesan tidak sesuai pada tempatnya. 

Jika hal ini terjadi secara berulang-ulang dan Anda dan tim tidak segera memperbaikinya, followers Anda akan merasa kecewa, tidak mau menengok akun Anda kembali. 

Memilih untuk berpaling ke akun kompetitor. Bahkan mungkin mengajak orang-orang terdekatnya untuk tidak sekalipun berinteraksi dengan akun Anda. Bayangkan, bagaimana jadinya aktivitas branding untuk brand Anda ke depannya?

Dengan risiko sebesar ini, alangkah baiknya Anda dan tim berpikir ulang sebelum akhirnya memutuskan untuk menggunakan bot Instagram. Apakah iya Anda dan tim mau brand dikenal dengan pelayanannya yang kurang nyaman?

Mengelola akun sendiri lebih baik ketimbang mengandalkan bot Instagram. Karena, dari situ, brand Anda dapat menciptakan citra yang mewakili keinginan Anda sekaligus kebutuhan konsumen. Meski membutuhkan waktu dan usaha, tapi setidaknya akan terbayar lunas di akhir.

Ingin kelola akun Instagram anti ribet? Serahkan saja kepada Increasink! Kami sudah berpengalaman selama 10 tahun dengan bisnis perorangan dan perusahaan. 

Tersedia jasa social media management untuk Anda dan tim pesan. Sudah include pembuatan content plan, editorial plan, konten-konten, hingga kelola akun Instagram Anda. Kami bisa dihubungi via nomor yang tertera dalam situs web kami.

Share:

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!