fbpx
logo increasink blog

Begini 5 Kiat Memaksimalkan Facebook untuk Bisnis e-Commerce

April 22, 2022

Dewasa ini, e-Commerce menjadi salah satu sektor dan wadah bisnis yang mengalami pertumbuhan paling cepat. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, trennya melambung begitu jauh. Demikian, jika ingin mengungguli kompetitor, Anda harus segera memaksimalkan penggunaan Facebook untuk bisnis.

Mungkin saat ini Facebook bukan lagi platform media sosial favorit Anda. Jika disuruh memilih, barangkali Anda akan langsung menengok Instagram dan Tiktok ketimbang media sosial bikinan Meta itu.

Tapi, tahukah Anda? Hingga detik ini, jumlah pengguna aktif Facebook terhitung ada 3,51 miliar pengguna. Dengan jumlah pengguna sebanyak itu, bisnis Anda berpotensi menjangkau lebih banyak pelanggan potensial, bahkan kelompok-kelompok pengguna yang tidak tersentuh platform lainnya.

Belum lagi — hari demi hari — Facebook semakin menunjukkan rasa cintanya kepada bisnis e-Commerce. Kini, sudah tak terhitung berapa banyak fitur, baik baru maupun terus diperbarui, yang terus ditawarkan kepada kita. 

Bagaimana? Apakah Anda semakin ingin memaksimalkan Facebook untuk bisnis e-Commerce Anda? Sebelum membahas itu, ada baiknya Anda memahami dulu tiga elemen penting dari Facebook supaya Anda lebih mantap dalam menggunakannya. Simak penjelasannya di bawah ini.

3 elemen penting Facebook

facebook
3 Element Penting Facebook | Dok. Increasink

Dikutip dari laman NapoleonCat, setidaknya ada tiga elemen yang dapat membantu bisnis Anda menjangkau target audiens Anda, yaitu: (1) cara menggunakan Facebook, (2) Facebook ads, dan (3) Facebook Shop. Berikut penjelasan masing-masing elemen tersebut:

1. Cara menggunakan Facebook

facebook

Tahukah Anda? Hasil studi eMarketer pada Juni 2020 mengungkapkan bahwa setidaknya 18,3 persen orang dewasa Amerika Serikat (AS) berbelanja di Facebook pada 2019. Di satu sisi, hasil penelitian Oberlo menyebutkan bahwa hampir 80 persen konsumen AS menemukan produk ritel yang ingin dibeli melalui Facebook. 

Baca Juga  Ambient Marketing, Trik Sederhana Buat Brand Mudah Diingat

Secara tidak langsung, kedua data tersebut menyiratkan, bagaimana Facebook menjadi salah satu tempat utama pelanggan saat ingin membeli produk secara online. Ini artinya — lewat Facebook — bisnis Anda memiliki banyak kesempatan untuk terus berkembang dan sukses.

2. Facebook Ads

facebook

Salah satu cara terefektif dalam memaksimalkan Facebook adalah dengan memanfaatkan Facebook ads. Ini karena Facebook Ads membantu Anda menjangkau pelanggan potensial dengan karakteristik dan ketertarikan khusus. 

Jika ingin bisnis e-Commerce Anda sukses, Anda harus memahami cara kerja dari tiga format Facebook ads, yaitu: (1) Photo ads, (2) Messenger ads, dan (3) Collection ads. Nah, dengan ketiga format iklan tersebut, Anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan potensial berdasarkan karakteristik dan ketertarikan khusus mereka.

3. Facebook Shop

facebook

Pengguna aktif Facebook pasti tahu betul betapa menantangnya berbisnis di platform tersebut dulu, oleh karena belum adanya fitur yang benar-benar mendukung penuh penjualan produk. 

Hingga pada Mei 2020, Mark Zuckerberg mengumumkan rilisnya fitur Facebook Shops. Lewat fitur ini, kini pengguna bisa berbisnis dengan mudah dengan membuat online shop sendiri di Facebook dan Instagram.

Dari sisi pelanggan, mereka juga sangat diuntungkan karena bisa melihat semua katalog produk Anda. Pelanggan juga bisa menyimpan produk-produk yang menjadi incaran mereka, sehingga closing Anda lebih terjamin ketimbang sebelum-sebelumnya.

Penguatan ekosistem bisnis Facebook tidak sampai situ saja, lho. Anda dan pelanggan bisa saling terhubung membicarakan seputar produk atau brand melalui Messenger. Penggunaan Facebook Shop juga bisa disesuaikan dengan jenis bisnis Anda, apakah B2C atau B2B.

Meski begitu, Anda perlu bersabar dalam menggunakan fitur Facebook Shop. Keuntungannya mungkin tidak secepat ketika Anda menjualnya langsung di komunitas atau running ads — mengingat fitur ini baru dirilis.

Baca Juga  Apa itu Bot Instagram? Apa Bahayanya bagi Bisnis Anda?

5 cara memaksimalkan Facebook untuk bisnis e-Commerce 

Ada beberapa trik khusus yang bisa Anda pakai saat menggunakan Facebook untuk bisnis e-Commerce. Berikut adalah trik-trik tersebut:  

facebook
5 cara memaksimalkan Facebook untuk bisnis e-Commerce | Dok. Increasink

Itulah beberapa kiat memaksimalkan Facebook untuk bisnis e-Commerce Anda. Memang sekilas seperti membutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk melakukannya. Namun, itu bisa teratasi dengan mengenal apa saja elemen dalam Facebook serta mencoba trik-trik khusus yang ada.

Jika Anda butuh tenaga profesional untuk mempromosikan bisnis e-Commerce Anda, silakan hubungi Increasink. Kami sudah berpengalaman selama 10 tahun untuk perorangan dan perusahaan, sehingga siap jika diminta untuk berkembang bersama Anda!

Sumber: Business News Daily | Napoleon Cat | Status Brew | Suitmedia

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.