fbpx
logo increasink blog

Tidak Cuma B2C, Ini 4 Cara Buat B2B Gimmick Marketing Sukses!

July 14, 2022

Sebagian besar kita memandang kata gimmick secara negatif. Padahal dalam konteks marketing, gimmick memberikan banyak manfaat bagi brand B2B, terutama dalam mempercepat closing

Kenapa begitu?

Karena taktik gimmick marketing ditujukan untuk menarik perhatian banyak klien B2B dengan menggunakan efek kejutan, mengingat kebanyakan dari mereka rata-rata melakukan 12 pencarian sebelum memutuskan untuk memilih salah satunya (brand).  

Memangnya gimmick marketing itu apa?

Gimmick marketing ialah strategi marketing dengan menjadikan brand sebagai pusat perhatian orang-orang dalam jangka waktu yang begitu singkat.

Kendati begitu, brand harus memenuhi beberapa kriteria agar gimmick marketing berjalan sukses, di antaranya positioning yang kuat, diferensiasi yang jelas, dan konten iklan yang kreatif. Anda bisa membaca penjelasan lengkapnya pada artikel ini

Pertanyaannya, apakah cukup sampai di situ?

Tidak. Karena mau bagaimanapun, konsumen Anda sudah jeli dalam mendeteksi kebohongan dalam konten marketing. Apalagi jika brand Anda didapati berbohong; siap-siap saja mendapatkan sanksi sosial. 

Jadi, apa yang harus dilakukan?

b2b
Apa yang harus dilakukan? │ Dok.Increasink

Tetap melakukan gimmick marketing, tapi dengan catatan brand Anda benar-benar memenuhi apa-apa yang telah dijanjikan pada para konsumen, bahkan kalau bisa itu melampaui ekspektasi mereka.

Campaign haruslah memorable, unik, dan organik sehingga bisa diingat bertahun-tahun kemudian. Namun tidak hanya dilakukan secara reaksioner, campaign harus sesuai dengan strategi marketing jangka panjang.

Dengan begitu, brand B2B Anda lebih mungkin untuk mendapatkan konversi pembeli lebih besar ketimbang hanya gimmick marketing tanpa perencanaan yang matang. Bahkan menjadi pelanggan loyal brand Anda. 

Baca Juga  3 Contoh Copywriting Produk Herbal yang Dapat Meyakinkan Pembeli

Lalu, apa saja campaign gimmick marketing yang cocok untuk brand B2B? 

Campaign yang menunjukkan siapa brand Anda sesungguhnya. Tanpa dilebih-lebihkan atau tampak terlalu sempurna, tetapi tetap menjaga keunikan brand Anda.

Konten-kontennya dapat berupa throwback brand Anda, video trailer, behind the scene, video berisikan budaya kerja perusahaan, dan sebagainya.

b2b
Campaign yang menunjukkan siapa brand Anda sesungguhnya │ Dok.Increasink

Dengan begitu, klien akan semakin tertarik dengan brand Anda karena sudah disuguhkan berbagai fakta perusahaan yang barangkali sulit ditemukan di mana-mana.

Itu ide pertama.

Kedua, segera tetapkan brand personality Anda dan konsisten terus dengannya. Setelah itu gencarkan campaign gimmick marketing Anda dengan memuji brand lain, membagikan berbagai fakta menarik tentang kompetitor, dan menyapa influencer.

b2b
Tetapkan brand personality dan konsisten │ Dok.Increasink

Brand Anda akan tampak lebih menarik dan terasa nyata karena tidak melulu membicarakan diri sendiri.

Mungkin ini terdengar mainstream, tapi menguasai niche marketing juga bisa menjadi ide campaign gimmick marketing berikutnya.

Dengan cara membagikan berbagai konten yang relevan dengan brand, perkembangan industri terkait brand, dan tren saat ini, di mana informasi di dalamnya benar-benar baru dan jarang diulas oleh brand lain. Mau itu di LinkedIn ataupun Blog, mengingat kedua platform tersebut erat dengan kesan profesional.

Kendati demikian, untuk bisa sampai situ, brand Anda harus dipercaya dulu oleh banyak orang, bahkan dijadikan referensi utama ketika membahas topik tertentu. Dengan begitu, tinggal menunggu waktunya untuk brand Anda viral.

Mengadakan lomba atau giveaway juga bisa jadi inspirasi berikutnya, apalagi jika Anda menargetkan promosi antar mulut yang cepat. 

Jangan salah, walaupun ide ini lebih banyak digunakan brand B2C, tapi cocok juga kok digunakan oleh brand B2B. Selain meningkatkan brand awareness dengan cepat, tentunya taktik ini sangat menghemat biaya pengeluaran perusahaan.

Baca Juga  Cara Mengoptimasi SEO On Page dan dampaknya pada kunjungan Website Anda

Penutup

Taktik gimmick marketing memang bisa memberikan keuntungan pada perusahaan dalam waktu yang begitu singkat. Namun, penggunaannya perlu diperhatikan sebaik mungkin karena kalau tidak akan menjadi bumerang sendiri bagi nama baik brand.

Termasuk pula untuk brand B2B. Taktik gimmick marketing-nya tidak bisa disamakan dengan brand B2C, pendekatannya berbeda. Tambah lagi, Anda juga harus menyesuaikannya dengan brand Anda.

Akan lebih baik jika Anda mencari tahu tentang gimmick marketing lebih lanjut. Kami menyarankan Anda untuk membaca artikel-artikel kami lainnya. Semoga bermanfaat bagi Anda dan tim:

Sumber: Uviaus

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.

× Whatsapp Kami