fbpx
logo increasink blog

Apa itu Kalimat Call to Action (CTA), Cara Membuatnya, dan 20+ Contohnya

April 14, 2022

Sudah sering mendengar istilah call to action (CTA)? Tahukah Anda bahwa satu kalimat CTA ini bisa bikin penjualan Anda cepat closing?

Harus diakui, sampai saat ini masih banyak orang yang keliru dalam mengelola ads. Ada pun masih berfokus pada teknis, teknis, dan teknis saja. Padahal, teknik copywriting dalam ads tidak kalah penting, lho!

Dikutip dari laman AdEspresso, total belanja ads di Amerika Serikat (AS) hampir mendekati $49 miliar pada tahun 2021. Setelah ditelusuri, ternyata belum semua perusahaan memakai strategi ads dengan baik.

Bayangkan, bagaimana jadinya jika semua perusahaan di AS memakai kalimat CTA dengan tepat. Tentu jumlah belanja ads tadi akan menurun bukan? Angka penjualan juga pasti meningkat dengan pesat! 

Sedikit berbicara soal kalimat CTA, frasa ini memang bertujuan untuk membuat customer mau langsung melakukan tindakan “yang diminta” tepat saat mereka membacanya. 

Itu berarti, kalau ada selisih yang jauh antara jumlah viewers ads dan klik, maka kalimat CTA belum dibuat dengan tepat.

Nah, artikel ini hadir buat menghindarkan Anda dari kesalahan dalam membuat kalimat CTA. Mulai dari mengenal apa itu CTA, bagaimana cara membuatnya, hingga contoh-contoh yang bisa ditiru oleh Business Owners. Check it out!

Apa itu kalimat CTA?

call to action

Seperti disebutkan sebelumnya, frasa call to action (CTA) adalah frasa berisikan ajakan kepada customer untuk segera mengambil tindakan yang diinginkan. Biasanya, frasa satu ini ditaruh di bagian akhir atau bawah ads. Tapi, tidak jarang juga ditempatkan di isi ads secara implisit.

Baca Juga  3 Cara Optimasi LinkedIn untuk Bisnis e-Commerce

Susunan katanya sendiri pun disesuaikan dengan tujuan adanya ads itu sendiri. Semisal, suatu ads dibuat untuk mengajak customer mendaftar komunitas, maka frasa CTA-nya akan berbunyi “Daftar sekarang”. Atau, pemasangan ads bertujuan agar customer mau segera membeli begitu melihatnya, maka frasa CTA-nya akan berupa “Beli sekarang”. 

Cara membuat kalimat CTA yang 100% EFEKTIF!

Sering melihat contoh-contoh kalimat CTA tapi masih bingung bagaimana cara menerapkannya dalam konten ads Anda? Tenang! Di sini Anda bisa langsung tahu cara mudah membuat kalimat CTA! Simak cara-caranya dalam penjelasan berikut!

1. Pakailah kata kerja perintah yang powerful dalam kalimat CTA

call to action

Perlu Anda ketahui bahwa batas efektif untuk satu kalimat CTA adalah 35 karakter per baris. Ini artinya, kalimat Anda harus langsung pada intinya. Tidak bertele-tele dan wajib ada kata kerja perintah. 

Untuk kata kerja perintah, pastikan sudah sesuai dengan kepribadian brand dan target dari ads. Misal, perusahaan Anda merupakan marketing agency yang ingin mempromosikan ebook seputar tutorial digital marketing. Nah, daripada menulis frasa “Buku panduan terbaru kami tersedia”, lebih baik Anda memakai “Download sekarang”.

2. Gunakan kata-kata yang bikin customer merasa antusias atau emosional

call to action

Mau customer langsung mengklik ads Anda? Coba masukkan kata-kata yang bikin mereka merasa antusias atau merasakan emosi. Dijamin, cara satu ini jauh lebih efektif daripada tips-tips membuat kalimat CTA lainnya.

Misal, Anda ingin membangkitkan antusiasme customer. Untuk ini, Anda bisa memilih kalimat “Beli sekarang dan dapatkan diskon 50%”. Anda pasti merasakannya sendiri bukan, kalau kalimat ini secara tidak langsung membuat Anda ingin segera membeli produk? Karena jika tidak sekarang, produk keburu habis! 

Baca Juga  Micro Influencer adalah Sumber Cuan Bisnis Kita

Untuk contoh sisi emosional, Anda bisa menggunakan kalimat CTA “Rencanakan liburan impianmu hari ini!” Karena, kata ‘impian’ di sini menunjukkan kalau Anda peduli dengan keinginan terpendam customer. Sehingga, mereka akan merasa terikat secara emosional, dan mau langsung mengambil tindakan dari membaca ads Anda.

3. Kasih tahu customer kenapa mereka harus mengambil tindakan yang ada di dalam ads

call to action

Untuk cara ini, Anda harus mengetahui terlebih dulu apa unique selling point (USP) dari brand Anda, mulai dari value hingga keunggulan brand. Dengan begitu, Anda bisa menyusun kalimat CTA tanpa ada kendala!

Misal, Anda punya kalimat CTA berupa “telepon hari ini untuk menjadwalkan konsultasi gratismu!” Selain mengajak customer untuk mengambil tindakan, kalimat ini juga memberi tahu mengapa harus berkonsultasi dengan brand Anda — atau dengan kata lain membeberkan USP dari brand Anda.

4. Manfaatkanlah FOMO, karena penggunaan kalimat CTA tidak jauh dari situ!

call to action

Siapa tidak kenal istilah fear of missing out (FOMO)? Selain untuk menyebutkan fenomena sosial, ternyata istilah satu ini juga bisa dipakai saat menyusun kalimat CTA, loh

Anda tinggal memasukkan kata-kata dengan unsur “takut ketinggalan” ke dalam susunan kalimat CTA. Misal, kalimat CTA Anda adalah “belanja sekarang”. Dengan menerapkan FOMO, maka kalimat CTA Anda akan menjadi “beli sekarang selama stok masih ada!”

5. Jika memungkinkan, gunakanlah angka dalam kalimat CTA Anda!

call to action

Coba posisikan diri Anda sebagai customer. Apa yang membuat Anda yakin untuk membeli suatu produk? Apakah karena keunggulannya? Atau karena harganya yang sesuai dengan ekspektasi Anda?

Jelas Anda akan memilih yang kedua — bahkan andai bisa — kedua pilihan juga boleh. Apalagi jika Anda puas dengan produk itu — saat menemukan ads seputar produk itu — pasti ada keinginan untuk membeli lagi dengan harga yang sama atau lebih murah. Benar begitu?

Baca Juga  Dahsyatnya Efek Emoji dalam Digital Marketing, Mau Tahu 3 Cara Menggunakannya?

Untuk itu, masukkanlah angka ke dalam kalimat CTA Anda. Bisa berupa informasi harga seperti “Belanja hari ini untuk TV di bawah Rp 1 juta!” atau besar diskon seperti “Pesan hari ini! Diskon 15% untuk kunjungan berikutnya.”

Baik, saya sudah tahu cara membuat kalimat CTA. Apakah ada contohnya?

call to action

Tentu saja ada. Untuk itulah artikel ini kami hadir buat. Langsung saja cek contoh-contoh kalimat CTA yang bisa Anda terapkan dalam konten ads Anda!

  • Daftar sekarang
  • Langganan sekarang
  • Beli sekarang
  • Kunjungi situs
  • Baca selengkapnya!
  • Bikin sekarang
  • Lanjut
  • Download sekarang
  • Mulai sekarang
  • Aku mau lihat daftar kelasnya
  • Kirim pesan sekarang
  • Tertarik? Langsung hubungi kami
  • Klik di sini
  • Pilih sekarang
  • Dapatkan Spotify FREE
  • Nonton sekarang
  • Daftar gratis
  • Masukkan ke daftar belanja
  • Mau uji coba gratis
  • Booking sekarang
  • Masuk dengan facebook

Itulah sedikit penjelasan mengenai apa itu CTA, bagaimana cara membuatnya, beserta contoh-contohnya. Memang, membuat kalimat CTA tidak semudah dibayangkan. Meski begitu, efek dahsyatnya terhadap angka penjualan bisa membuat diri kita merasa puas!

Jika Anda masih belum yakin dengan kalimat CTA yang Anda buat, Anda bisa menghubungi Increasink untuk memastikannya! Kami sudah berpengalaman membuat kalimat CTA untuk bisnis perorangan dan perusahaan selama beberapa tahun. Sehingga, untuk soal ini, Anda bisa langsung menyerahkannya pada kami!

Sumber: AdEspresso | HubSpot | WordStream

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.