fbpx
logo increasink blog

Bagaimana Cara Menentukan Anggaran Digital Marketing?

March 20, 2023
Anggaran Digital Marketing

Digital marketing atau pemasaran digital sekarang ini menjadi pilihan banyak perusahaan karena kemampuannya dalam menjangkau banyak audiens dengan pengeluaran yang minim. Tidak seperti pemasaran tradisional yang menghabiskan banyak biaya, tapi yang dijangkau hanya sedikit.

Demikian dengan kemudahan seperti ini, sudah seharusnya kita dapat mengelola anggaran digital marketing dengan baik. Namun pertanyaannya, kenapa tidak sedikit dari kita malah boncos, bahkan tidak memberi hasil sama sekali?

Bisa saja karena dari kita sendiri belum memahami bagaimana cara mengelola anggaran digital marketing dengan baik. Masih asal membuat anggaran tanpa pertimbangan lebih lanjut. Sekadar asal tembak.

Karena itu dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana cara menentukan anggaran digital marketing. Tujuannya, supaya Anda dapat memperoleh hasil yang maksimal dengan pengeluaran yang minim. Yuk, langsung saja kita bahas!

1. Tetapkan tujuan yang ingin dicapai

Ini langkah pertama yang mau tidak mau harus Anda lakukan: menentukan tujuan yang ingin dicapai dari melakukan digital marketing. Jangan sampai Anda tidak menentukan tujuan, karena nantinya Anda malah kehilangan arah dan membuang-buang waktu Anda sendiri.

Termasuk dalam hal ini budget digital marketing. Tanpa tujuan, kita tidak akan tahu berapa banyak kiranya yang perlu kita keluarkan untuk setiap aktivitas digital marketing kita. Tahu pun mungkin hanya gambaran besarnya saja.

Dalam menentukan tujuan sendiri, Anda dapat memilih antara meningkatkan brand awareness, menjaga loyalitas pelanggan, menaikkan penjualan produk, atau lain sebagainya. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kondisi perusahaan Anda saat ini.

Baca Juga  Begini 5 Kiat Memaksimalkan Facebook untuk Bisnis e-Commerce

2. Pelajari strategi digital marketing yang sudah pernah diterapkan

Setelah menetapkan tujuan, alangkah baiknya Anda mempelajari strategi digital marketing yang dulu pernah diterapkan oleh perusahaan Anda. Apa yang sekiranya berhasil dan gagal, pelajari dengan baik penyebab dan akibatnya pada budget digital marketing Anda. Dengan begitu, Anda dapat mengelola anggaran digital marketing dengan baik.

3. Tentukan media pemasaran

Jika sudah melakukan analisis, maka selanjutnya Anda bisa menentukan media pemasaran yang tepat. Apakah itu Instagram, TikTok, ataupun lainnya. Tentukan saja mana yang sekiranya memberikan hasil terbaik.

Namun, bukan berarti Anda hanya boleh memilih satu media saja, ya. Anda tetap bisa kok memilih beberapa media sekaligus jika memang sesuai dengan strategi pemasaran dan tujuan yang ingin dicapai oleh Anda.

4. Buat target audiens

Jangan salah, meski sekilas tampak tidak ada hubungannya, membuat target audiens membantu kita menentukan anggaran digital marketing dengan baik, lho. Karena dengan membuat target audiens, kita akan lebih mendapat gambaran tentang strategi digital marketing kita. Sehingga, dari situ kita bisa lebih menghemat anggaran.

5. Menganalisis strategi pemasaran kompetitor

Tidak harus belajar dari masa lalu, Anda juga bisa menentukan anggaran digital marketing dengan cara mempelajari strategi pemasaran kompetitor, lho. 

Semisal kompetitor berhasil menjalankan campaign X. Dari situ, Anda bisa menganalisis apa yang menjadi strategi pemasaran mereka, sehingga kemudian bisa memperkirakan budget digital marketing yang dikeluarkan untuk campaign tersebut.

6. Merumuskan anggaran digital marketing

Setelah melakukan semua langkah yang ada, maka hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah merumuskan anggaran digital marketing, yang mencakup biaya untuk iklan dan sumber daya manusia.

Untuk total anggarannya sendiri, Anda bisa mengalokasikan 3% dari perkiraan pendapatan Anda, ya. Semisal, total pendapatan Anda sampai Rp 1 juta, maka sekiranya anggaran untuk digital marketing sebesar Rp 30 ribu.

Baca Juga  Panduan Membangun Strategi Content Marketing yang Kuat [PART II]

Merumuskan budget digital marketing sendiri memang bukan perkara mudah, apalagi untuk kita yang baru merintis atau sedang dalam tahap mengembangkan bisnis kita. Namun, jangan khawatir. Ada Increasink yang siap membantu Anda.

Increasink merupakan digital agency yang bergerak di branding & digital marketing. Kami saat ini membuka layanan social media management untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.
Silakan hubungi kontak ini jika Anda tertarik. Kami siap melayani kebutuhan Anda!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.

× Whatsapp Kami