fbpx
logo increasink blog

ALT Text pada Instagram: Definisi, Manfaat, dan Tips Melakukannya

July 11, 2022

Sudah dirilis sejak November 2018. Sampai saat ini, fitur ALT text masih sering diabaikan oleh penggunanya. Padahal, manfaatnya untuk menjangkau audiens tidak kalah hebatnya dengan carousel Instagram dan Instagram Reels. Penasaran soal ALT text? 

Apa itu ALT text?

Tahu teknik search engine optimization (SEO) on Page? Nah, istilah ALT text sering sekali muncul di situ. Ketika Anda hendak optimasi gambar menggunakan keyword.

Jadi, ALT text adalah…

Singkatan dari alternative text, atau dengan kata lain adalah teks deskripsi yang ditampilkan saat gambar gagal dimuat di halaman situs web.

Sama, ini juga berlaku di Instagram. Saat Instagram gagal memuat konten feed Anda, maka yang akan muncul adalah ALT text.

“Lho, gambar bisa gagal dimuat di Instagram?”

Tentu saja bisa. Apalagi Instagram merupakan platform yang didominasi oleh foto-foto berkualitas HD. Untuk load sebuah foto saja dibutuhkan konektivitas internet yang baik.

“Jadi, manfaatnya ALT text hanya itu?”

Jelas tidak. Saat audiens Anda ada yang punya gangguan penglihatan, misalnya, ALT text akan muncul dan membacakan apa yang dibahas dalam konten Anda.

Selain itu, ALT text juga bisa membuat akun Instagram bisnis Anda lebih mudah diakses dari Google. Dengan begitu, seiring berjalannya waktu, jangkauan audiens Anda akan semakin luas..

Baca Juga  Cara Mengoptimasi SEO On Page dan dampaknya pada kunjungan Website Anda

Dengan catatan…

Anda memasukkan keyword yang paling banyak diketik di Google dan Instagram untuk menemukan foto Anda.

Misal, Anda punya brand hair tonic dan hendak posting konten seputar tips merawat rambut. Anda berharap agar akun Anda bisa mendapatkan kunjungan dari dalam maupun luar Instagram. 

Di satu sisi konten bisa muncul di posisi teratas explore page, di sisi lain bisa membuatnya muncul di posisi teratas hasil pencarian Google.

Pertanyaannya, keyword apa yang harus dimasukkan dalam ALT text?

Bisa menggunakan keyword “merawat rambut”, “menumbuhkan rambut”, “hair routine”, “tips merawat rambut”, dan masih banyak lagi. Asalkan tingkat competition dan volume search nya ideal. Baca sekarang juga: 8 Tips SEO di Instagram agar Jangkau Banyak Audiens.

Perlu ditegaskan lagi, Anda harus memastikan agar ALT text benar-benar menjelaskan apa yang ada dalam foto. Dengan begitu, orang-orang tidak akan mau melewatkan konten Anda.

REMINDER KERAS!

Instagram ingin sekali agar platform-nya bisa inklusif dan dinikmati semua kalangan, termasuk orang-orang yang punya gangguan penglihatan.

Semisal Anda tidak menambahkan ALT text pada konten Anda, Instagram akan menambahkan sendiri menggunakan sistem mereka. Sistem mereka sudah cukup pintar untuk menebak apa yang ada dalam foto Anda.

Meski begitu, yang namanya kecerdasan buatan tetap saja tidak bisa menggantikan kerja manusia. ALT text akan lebih akurat dan sesuai dengan konteks foto apabila dibuat langsung oleh Anda.

Cara menambahkan ALT text 

  1. Buka aplikasi Instagram, posting konten Anda.
alt text
Fitur Menambahkan Postingan di Akun Instagram @ Bibah/Increasink
  1. Pilih “Pengaturan Lanjutan”.  
alt text
Pengaturan Lanjutan @ Bibah/Increasink
  1. Klik “Tulis Teks Alternatif”  
alt text
Fitur ALT Text di Postingan Akun Instagram @ Bibah/Increasink
  1. Masukkan keyword ke dalam kotak merah. Pastikan keyword sesuai dengan isi konten dan sudah Anda riset dengan baik.
alt text
Memasukkan ALT Text pada Instagram @ Bibah/Increasink
  1. Konten Anda siap untuk diposting!
Baca Juga  Teknik Mudah Membuat Konten Carousel Instagram yang Menarik untuk Dibaca

Menambahkan ALT text pada konten Instagram yang sudah di-publish 

Sudah terlanjur upload beberapa konten tanpa ALT text? Tenang saja! Anda masih bisa menambahkan ALT text kok! Ikuti langkah-langkah di bawah ini: 

  1. Pilih konten yang ingin Anda tambahkan ALT text, klik tiga lingkaran kecil di pojok kanan atas konten tersebut. Pilih “Edit”.
alt text
Cara Edit Konten @ Bibah/Increasink
  1. Pilih “Edit Teks Alternatif”.
alt text
Edit ALT Text pada Instagram @ Bibah/Increasink
  1.  Anda bisa langsung menuliskan teks alternatif Anda.
alt text
Menulis ALT Text pada Instagram @ Bibah/Increasink

Cara mengecek ALT text pada Instagram

Sudah menambahkan ALT text pada Instagram tapi ada rasa takut belum berhasil? Tenang! Anda bisa mengeceknya kok!

Gunakan aplikasi “screen reader” di handphone Anda untuk membacakan ALT text pada Anda. Atau, gunakan browser khusus seperti MozBraille dan ReadText di komputer Anda.

Tips mudah membuat ALT text

Ada aturan dasar dalam membuat ALT text, di mana panjang teks dibatasi maksimal 100 karakter. Lebih dari itu, aplikasi “screen reader” tidak bisa membaca ALT text Anda secara akurat. 

Tentu tidak mudah membuat teks dengan batasan segitu. Tapi, Anda tidak perlu khawatir. Karena ada trik khusus untuk membuat ALT text Anda bagus, berikut penjelasannya:

Sesuai konteks konten

Bisa berupa penjelasan dari konten Anda. Atau, beberapa elemen kunci dari konten Anda seperti warna atau tekstur, sehingga target audiens lebih mudah dalam membayangkan konten Anda.

Hindari kata-kata seperti “picture of” atau “image of” karena tidak membantu target audiens dalam memvisualisasikan konten Anda.

Pakai keyword

Tambahkan satu atau beberapa keyword yang relevan dengan isi dan bentuk konten. Jangan memasukkan terlalu banyak keyword secara paksa karena sistem Instagram akan kebingungan ketika menilai konten Anda.

Baca Juga  6 Cara Optimalkan Instagram untuk Bisnis e-Commerce Anda

Tambahkan sentuhan brand

Entah itu nama brand, lokasi perusahaan, atau informasi relevan lainnya yang dapat membantu konten Anda menjangkau banyak audiens melalui pencarian Instagram.

Memorable

Pastikan ALT text Anda mudah diingat oleh orang-orang. Buatlah teks semenarik mungkin, catchy, dan memorable.

Yang target audiens suka

Bayangkan diri Anda sebagai target audiens, pada suatu hari scroll Instagram dan melihat konten Anda, lau bertanya-tanya apa itu. 

Kalau posisinya seperti itu, tentu Anda ingin satu-dua kalimat deskriptif yang bisa membuat Anda memahami konten itu bukan

Jadi intinya…

ALT text bertujuan untuk membuat konten Anda menjangkau lebih banyak audiens karena termasuk salah satu bagian dari teknik Instagram SEO. Meskipun tidak terlihat segitu potensial, Anda tetap harus membuat ALT text yang deskriptif, bermakna, dan menarik.

Ingin meningkatkan jangkauan konten Anda? Silakan hubungi Increasink! Anda bisa berkonsultasi atau memesan service social media management kepada kami! FREE konsultasi bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan layanan kami!

Sumber: tailwind | thepreviewapp.com

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.

× Whatsapp Kami