fbpx
logo increasink blog

7 Manfaat Website untuk Sebuah Bisnis

February 13, 2022
7 Manfaat Website untuk sebuah bisnis

Zaman yang semakin maju membuat pengguna internet di dunia meningkat secara signifikan. Hal ini jugalah yang akhirnya mendorong para pelaku bisnis untuk membuat perusahaan mereka dapat dikenal oleh lebih banyak orang melalui media digital yang sebenarnya sudah ada sejak lama. Media digital yang digunakan biasanya adalah dengan sebuah website bisnis yang dapat menampilkan profil perusahaan secara lengkap serta dapat memberikan info-info terbaru secara cepat dan realtime.

Dengan adanya fenomena tersebut, kini  perusahaan digital agency yang menawarkan jasa web design pun semakin menjamur dengan berbagai keunggulan yang menjanjikan sebuah website bisnis yang akan menarik lebih banyak audiens. Namun sebelum memutuskan untuk membuat sebuah website bisnis untuk perusahaan Anda, ada baiknya jika Anda mengetahui apa manfaat website untuk sebuah bisnis. Oleh karena itu, mari simak ulasan berikut.

Apa itu Website?

7 Manfaat Website untuk Sebuah Bisnis
Apa itu Website │ Dok.Increasink

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa internet telah mengubah berbagai sistem dan tatanan kehidupan yang ada, termasuk dalam urusan bisnis. Salah satu perubahan dalam aspek bisnis yang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi dan internet adalah pemasaran hingga transaksi. Pada umumnya para pebisnis menggunakan website ataupun media sosial sebagai media promosi maupun transaksinya.

Website merupakan sebuah kumpulan halaman pada suatu domain di internet yang dibuat dengan tujuan tertentu dimana halaman tersebut saling berhubungan serta dapat diakses secara luas melalui halaman depan (home page) menggunakan sebuah browser dan mesin pencari. Website biasanya didukung dengan nama domain atau yang biasa disebut dengan alamat website, dan hosting atau isi dari website tersebut.

Tipe Website Berdasarkan Kebutuhan Bisnis

Terdapat beberapa tipe website jika dilihat dari kebutuhan yang dijalankan oleh para pebisnis, yaitu sebagai berikut:

1. Online Shop

7 Manfaat Website untuk Sebuah Bisnis
Online Shop │ Dok.Increasink

Secara sederhana, online shop dapat dideskripsikan sebagai toko konvensional yang dipindahkan ke media digital secara online dengan tetap menjaga beberapa poin toko konvensional namun dikemas dalam bentuk yang praktis dan mudah.

Fitur-fitur dasar yang biasanya terdapat pada online shop meliputi display produk beserta deskripsi dan keterangan harga, promo mengenai produk yang dijual, kemudahan transaksi yang sudah beralih pada cashless, dan kontak customer services. Namun Anda juga dapat menambahkan beberapa fitur lain seperti wishlist, review dari pembeli, nego, dan lain sebagainya.

Baca Juga  6 Contoh Marketing Campaign Keren yang Bisa Ditiru

2. Blog

7 Manfaat Website untuk Sebuah Bisnis
Blog │ Dok.Increasink

Konten dari sebuah blog biasanya berupa artikel, gambar, maupun video yang tidak secara langsung men-display produk atau jasa yang ditawarkan. Tujuan dari sebuah blog adalah untuk mengedukasi audiens mengenai benefit dari produk atau jasa yang ditawarkan, pengetahuan mengenai produk, insight yang bermanfaat, dan lain lain.

Namun tidak semua blog menjual produk, ada juga yang menawarkan layanan, contohnya sebuah portal berita yang menawarkan space iklan dan subscription. Seiring perkembangannya, blog tidak lagi hanya berupa format layout yang berbentuk susunan artikel dengan judul, gambar dan cuplikan konten, namun ada juga yang memiliki format homepage yang menampilkan layout yang lebih bervariasi.

3. Company Website

7 Manfaat Website untuk Sebuah Bisnis
Company Website │ Dok.Increasink

Company website umumnya memberikan penjelasan yang singkat namun komprehensif mengenai sebuah perusahaan dengan produk ataupun jasa yang mereka miliki. Sedikit mirip dengan homepage pada portal berita namun lebih simple dan elegan atau bahkan comic yang disesuaikan dengan value dari perusahaan itu sendiri.

Biasanya sebuah company website hanya memiliki beberapa halaman saja, meliputi produk atau jasa yang ditawarkan, tentang perusahaan, sejarah, profil manajemen dan kontak. Namun saat ini beberapa perusahaan juga mulai menggunakan blog untuk berbagi insight tentang industri serta nilai-nilai dari perusahaan tersebut. Jika menggunakan blog, maka peringkat halaman website di mesin pencari juga dapat meningkat.

4. Single Landing Page

7 Manfaat Website untuk Sebuah Bisnis
Single Landing Page │ Dok.Increasink

Berbeda dari website pada umumnya yang memiliki banyak navigasi bagi para pengunjung untuk mengakses berbagai konten yang ada, single landing page hanya memuat konten panjang yang berisi satu produk dengan detail yang spesifik.

Laman kontak, profil dan lain sebagainya dimuat dalam satu halaman yang memanjang ke bawah. Pada model website seperti ini biasanya untuk pebisnis yang hanya menawarkan 1 produk khusus dalam sebuah website. Tombol-tombol yang ada hanya digunakan untuk mengakses pemesanan, langsung menuju form ataupun WhatsApp chat.

Nah, setelah mengetahui beberapa tipe website seperti di atas, Anda dapat memilih untuk menggunakan tipe website yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang Anda jalankan. Dengan memilih tipe website yang tepat, Anda menjadi lebih mudah dalam menawarkan produk dengan variasi cara promosi yang berbeda kepada audiens.

Manfaat Website Untuk Bisnis

7 Manfaat Website untuk Sebuah Bisnis
Manfaat Website untuk Bisnis │ Dok.Increasink

Memiliki sebuah website untuk bisnis yang Anda jalankan adalah pilihan yang sangat tepat. Manfaat website bagi pelaku bisnis sangat banyak, beberapa diantaranya dapat dilihat pada uraian berikut.

Baca Juga  4 Contoh Copywriting Instagram untuk Jualan Produk dari Berbagai Niche

1. Portofolio Produk atau Jasa

Manfaat yang paling mendasar dari sebuah website bisnis adalah untuk men-display produk atau jasa yang ditawarkan. Website diibaratkan sebagai sebuah toko yang memajang produk di etalase, bedanya, jika toko memiliki bentuk fisik, maka website berbentuk digital dan hanya dapat diakses secara online.

2. Meningkatkan Kredibilitas

Seiring berkembangnya teknologi, saat ini masyarakat cenderung menggunakan internet untuk mencari produk atau layanan yang mereka butuhkan. Berbagai kalangan masyarakat dengan berbagai usia sudah mulai beradaptasi dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan internet. Dengan memiliki website, kredibilitas usaha Anda dapat meningkat dan Anda bahkan dapat lebih bersaing dengan kompetitor.

Dan jangan lupa juga untuk membuat desain website bisnis Anda semenarik mungkin dan posting-lah konten-konten yang berkualitas agar visibilitas website Anda sehingga peringkat pada mesin pencari pun dapat meningkat sehingga jangkauan audiens dapat diperluas.

3. Menghemat Biaya

Untuk mengiklankan sebuah produk di surat kabar atau televisi membutuhkan biaya yang besar. Oleh karena itu banyak  pengusaha kecil yang kurang dapat bersaing dengan pengusaha besar karena terhalang oleh biaya yang dibutuhkan untuk memasang iklan sebagai ajang promosi. karena selain iklan, sebuah perusahaan tentu juga membutuhkan SDM untuk memasarkan produk secara langsung pada masyarakat yang tentunya tidak sedikit.

Namun, Anda dapat memangkas biaya-biaya tersebut jika memiliki sebuah website bisnis. Anda dapat melakukan promosi dengan menjangkau lebih banyak masyarakat dengan harga yang lebih terjangkau. Biaya membuat website atau toko online mulai dari Rp 2.500.000 saja per tahunnya. Sangat murah bukan jika dibandingkan dengan membayar iklan di surat kabar dan televisi?

4. Selalu Terhubung Dengan Pelanggan

Baca Juga  Mengenal SEO Off Page dan Cara Menerapkannya

Promosi secara konvensional melalui agen pemasaran maupun SDM sendiri sangat terbatas oleh waktu, karena manusia tetap butuh istirahat, maka tidak dapat mempromosikan produk atau jasa sepanjang waktu.

Berbeda dengan website, website yang diibaratkan sebagai etalase toko dari bisnis Anda dapat diakses 24 jam penuh dan 7 hari seminggu oleh siapapun. Audiens sebagai calon pelanggan dapat mencari berbagai informasi yang dibutuhkan tentang produk atau jasa yang ditawarkan di situs Anda kapan saja dan dimana saja.

5. Mudah Diakses

Jika berbelanja secara offline, seseorang harus meluangkan waktu untuk pergi ke toko yang memiliki jarak tempuh, selain itu mereka juga terbatas oleh waktu karena toko offline biasanya memiliki jam kerja dimana toko akan tutup dan buka di jam-jam tertentu.

Sedangkan sebuah website akan membantu calon pelanggan dengan mudahnya akses dan ketersediaannya yang tidak terbatas oleh waktu. Mereka tidak lagi perlu pergi keluar rumah dan meluangkan waktunya karena website bisnis dapat diakses kapan saja dan dimana saja selagi ada koneksi internet dengan smartphone maupun gadget yang mereka miliki. Selain itu sudah banyak jasa kurir yang siap bekerjasama dengan perusahaan Anda untuk mengantarkan produk secara aman kepada pelanggan.

6. Jangkauan Lebih Luas

Di era yang sudah serba digital seperti sekarang, hampir semua orang sudah memiliki ponsel pintar atau setidaknya dapat mengakses internet. Bahkan bagi banyak orang, berselancar di internet sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan hampir setiap hari.

Dengan situasi seperti ini, jika Anda memiliki website bisnis maka pengguna internet yang merupakan target market Anda dapat lebih mudah menemukan bisnis Anda dengan pengoptimalan mesin pencari. Dengan begitu, bisnis Anda dapat menjangkau lebih banyak orang yang potensial menjadi calon pembeli atau bahkan pelanggan bisnis Anda.

Cukup menggiurkan bukan manfaat website untuk sebuah bisnis? Kini Anda dapat mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan website sebagai media promosi. semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.