fbpx
logo increasink blog

5 Contoh Gimmick Marketing yang Sukses Mendongkrak Popularitas Brand

July 15, 2022

“Lagi viral isu X, kira-kira cocok enggak ya buat dijadikan konten?”

“Sekarang momennya pas enggak, ya?”

Pernah dihinggapi dua pertanyaan itu? Menggunakan gimmick marketing memang harus berhati-hati, ya. Harus memastikan apakah brand sudah siap viral atau belum…mengingat masa depan brand ada di situ. 

Soal itu, Anda tak perlu khawatir. Karena ada beberapa inspirasi taktik gimmick marketing yang bisa Anda aplikasikan pada brand Anda. Taktik-taktik ini terbukti berhasil mendapatkan perhatian warga dunia, bahkan membuat orang-orang tak henti membicarakannya.

Penasaran apa saja itu? Check it out!

1. Pan Bahar: ‘Class Never Goes Out of Style’

Iklan Pan Bahar: ‘Class Never Goes Out of Style’ @ Bibah/Barasia Advertising

Salah satu brand India bernama Pan Bahar langsung viral hanya dalam satu malam. Namun, dalam artian yang buruk. Apalagi dibintangi oleh mantan pemeran tokoh James Bond, yaitu Pierce Brosnan. Jelas semakin kontroversial.

Kenapa bisa begitu?

Karena sepanjang sejarah penjualannya, produk brand Pan Bahar terbukti telah membahayakan banyak nyawa. Nah, tindakan Pierce Brosnan dianggap mendukung hal buruk ini.

Lalu, apa akibatnya?

Banyak orang meledek campaign ini. Tidak sedikit yang merasa tersinggung dengan keputusan Pierce Brosnan. Berbagai media mulai berbondong-bondong meliput campaign ini. Nama brand Pan Bahar pun mendongkrak hanya dalam sekejap.

2. Netflix: ‘Socks’

Iklan Netflix ‘Socks’ @ Bibah/Netflix

Bukan Netflix namanya kalau marketingnya tidak membuat kita merasa takjub. Namun kali ini kita tidak bicara soal admin Netflix, ya, melainkan bagaimana gimmick marketingnya bisa di luar radar tebakan kita. Tebak apa?

Baca Juga  Buzz Marketing, Strategi Ampuh Menyita Perhatian Konsumen

Netflix Socks!

Bukan serial film!

Pertanyaannya, “Kok bisa?”

Jadi begini. Netflix tahu kalau pengguna mereka suka ketiduran saat menonton serial kesukaan. Lebih-lebih, sebagian besar dari mereka tidak ingat sudah menonton sampai menit ke berapa. Ini pun membuat waktu mereka jadi terbuang sia-sia.

Akhirnya Netflix pun berinisiatif meluncurkan produk Netflix Socks yang dilengkapi dengan perangkat sensor, sebuah alat untuk mendeteksi sudah sampai mana film berjalan tepat saat penggunanya tertidur lelap. 

Benar saja, sontak, taktik gimmick marketing ini langsung hit dan diperbincangkan banyak orang.

3. Coca-Cola: ‘Remove the Label’

Iklan Coca Cola ‘Remove the Label’ @ dvlpr/Bibah

Isu sosial yang menyangkut kepentingan banyak orang bisa menjadi taktik gimmick marketing yang efektif, lho. Apalagi kalau sesuai konteks dan memang masuk akal. Dan Coca-Cola berhasil membuktikan pernyataan ini. 

Bertepatan dengan momen bulan suci Ramadhan, Coca-Cola merilis campaign di Timur Tengah dengan pesan mengajak pembeli untuk bersama-sama mematahkan stigma sosial. Pesan ini dituliskan di satu sisi kaleng dengan bunyi: Labels are for cans, not for people.

4. Motorola: ‘Skip the Sevens’

Taktik gimmick marketing ini bisa dibilang cukup berani. 

Kenapa begitu?

Karena lewat campaign ini, Motorola berani menantang Apple dan ‘menuduh’ mereka kurang inovatif dalam mengembangkan produk iPhone 7. Meski awalnya menimbulkan pro dan kontra, pada akhirnya campaign ini berhasil mendorong banyak orang untuk melihat produk Moto Z mendatang.

*NB: Sebelumnya, kami ingin meminta maaf kepada pembaca atas ketidaknyamanannya karena tidak adanya video untuk marketing Motorola. Berdasarkan hasil penelusuran kami, bisa dipastikan bahwa marketing tersebut telah dihapus jejak keberadaannya. Namun demikian, kami akan menyertakan video tersebut di masa mendatang jika sewaktu-waktu menemukannya. Terima kasih.

Baca Juga  Ambush Marketing, Strategi Numpang Tapi Bisa Bikin Brand Viral

5. Nestle India: ‘Educate the Girl Child’

Iklan Nestle India: ‘Educate the Girl Child’ @ Bibah/Campaigns of the world

Pada masanya, isu pendidikan perempuan, terutama di India belum menjadi perhatian banyak orang apalagi brand.  

Itu sebabnya campaign ini membuat Nestle India menuai banyak pujian. Karena berkat itulah orang-orang di seluruh dunia jadi lebih peka dengan isu pendidikan anak gadis di India.

Itulah beberapa contoh gimmick marketing yang sukses mendongkrak popularitas brand, baik dalam konteks negatif ataupun positif. Kelima brand ini menjadi bukti bahwa tingkat kesuksesan brand tidak ditentukan dari seberapa viral suatu topik, melainkan lebih pada bagaimana mengetahui kebutuhan dan keinginan audiens.

Baca seri artikel gimmick marketing lainnya untuk memperdalam pengetahuan Anda:

Sumber: Zee News | Marketing Mind 

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.