Tahukah Anda? Dikutip dari laman Marketing91.com, butuh sepersekian detik bagi perusahaan untuk memberi kesan pertama yang baik kepada customer. Fakta ini secara tidak langsung menjelaskan betapa pentingnya logo dalam membangun brand.
Sadar atau tidak, kita sering kali mengingat suatu brand atau merek dari logonya. Saat ingin menggunakan layanan GoFood, misalnya, jemari akan langsung menuju shortcut aplikasi dengan logo bundar fenomenal itu. Begitu pula dengan kasus serupa lainnya.
Andai Anda tahu, ada penjelasan menarik di balik fenomena ini. Kylie Goldstein dalam artikel “What is a Logo and Why is it Important for Your Brand” (2021) menyebutkan, sejatinya kita sedang menjalin hubungan dengan suatu brand saat dihadapkan pada logonya.
Secara tidak sadar kita akan mencoba menganalisis dan menilai brand. Apakah sekiranya brand menawarkan produk bermutu baik. Seperti apa profesionalitas brand dalam melayani kita. Itu semua terangkum dalam sebuah logo, yang menjadi wajah brand dalam berinteraksi dengan kita.
Masih banyak lagi alasan betapa pentingnya logo dalam membangun brand. Anda masih berpikir kalau logo tidak mewakili brand? Pemikiran ini tidak sepenuhnya salah kok…sampai Anda mengetahui bagaimana logo bisa meningkatkan angka penjualan! Simak penjelasannya di bawah ini!
1. Bikin brand Anda lebih mudah diingat customer

Mau tahu rahasia banjir orderan dengan marketing? Kalau Anda masih mengira cukup menerapkan strategi digital marketing, itu salah besar! Karena jawaban paling tepat adalah logo!
Asal Anda tahu, kunci utama dari keberhasilan digital marketing adalah langsung mengundang orang untuk mengambil tindakan hanya dalam satu kali melihat ads. Di sinilah logo bermain; mengaitkan customer dengan pengalaman positif bersama brand, dan menyukseskan pembelian.
2. Pentingnya logo bisa dilihat dari banyaknya kerumunan customer baru begitu Anda memasang logo baru

Kita hidup di dunia serba warna. Orang-orang lebih tertarik pada objek desain dengan kombinasi warna yang elegan dan menarik. Di sinilah logo Anda mengambil peran; membuat customer potensial jatuh cinta kepada brand pada pandangan pertama dengan mengedepankan estetika desain.
3. Sering melihat sebuah situs atau media sosial brand sesuai dengan warna logonya? Ini menjelaskan betapa pentingnya logo dalam membangun brand!

Perlu Anda ketahui bahwa logo bukan sekadar objek untuk memamerkan kemampuan mendesain staf Anda. Apalagi sebagai ajang pertunjukan betapa kerennya brand Anda ketimbang kompetitor. Buang jauh-jauh pemikiran itu!
Sejatinya logo adalah pilar utama dari brand karena merangkum seluruh narasi brand dalam tubuhnya, mulai dari definisi hingga ambisi besar brand. Bak puzzle dengan banyak pesan tersirat di dalamnya.
Narasi brand dari logo ditranslasi menjadi materi branding dan marketing, lalu disebarluaskan melalui berbagai pilihan media, seperti situs, kartu nama, media sosial, spanduk, dan lain sebagainya.
Meski sekilas logo terlihat tidak ada sangkut pautnya, tetap saja keberhasilan brand dalam mengemas pesan menunjukkan betapa pentingnya logo dalam mendorong penjualan.
4. Mau tahu pentingnya logo dalam membangun brand? Coba lihat apakah customer semakin loyal setelah logo diubah!

Bagaimana perasaan Anda ketika melihat brand mengubah logonya? Senang atau kesal? Sadar atau tidak, kebanyakan dari kita sudah terlanjur nyaman dengan logo yang ada sehingga kaget ketika menerima perubahan mendadak!
Tidak percaya? Coba bayangkan ini: saat ingin membeli pakaian olahraga, Nike adalah tempat pertama yang paling ingin Anda kunjungi. Ada celana olahraga dengan logo Nike? Tanpa perlu berlama-lama lagi, Anda langsung membelinya. Itu karena Anda sudah mempercayai Nike dan memutuskan untuk setia dengannya.
Sekarang bayangkan logo Nike tiba-tiba berubah. Tentu Anda merasa ada yang mengganjal di hati bukan? Beli pakaian olahraga di Nike enggak semenarik dulu. Seolah-olah sensasinya berubah secara drastis.
Itulah sebabnya Anda perlu membuat logo secara hati-hati. Jangan sampai menyesal di tengah jalan. Karena bukan cuma Anda yang dirugikan, customer pun juga merasa dikhianati.
5. Bantu customer membedakan Anda dari kompetitor

Jangan tersinggung. Jumlah bisnis coffee shop itu sangat banyak, mau selokasi ataupun se-Nasional. Bukan brand Anda saja yang berambisi untuk menghidangkan kopi kesukaan milenial.
Tapi bukan berarti tidak ada harapan lagi, ya! Masih ada banyak cara untuk Anda mengungguli kompetitor dan keluar sebagai jawara!
Andalkan logo, desainlah sekeren mungkin tanpa melupakan pengemasan narasinya! Buat customer mengingat betul brand Anda cukup dengan melihat logo sekali pandang!
Kesulitan membuat logo? Yuk, konsultasikan dengan Increasink! Bermodalkan pengalaman bekerja sama dengan banyak orang dan perusahaan selama lebih kurang 10 tahun. Ditambah pengetahuan branding yang luas dan menyeluruh. Kami siap membantu Anda membuat logo dari nol!
Sumber: Global Brands | Marketing91 | Tailor Brands | Wix