Ide Konten Instagram Skincare – Seperti kita tahu, industri skincare terus mengalami pertumbuhan positif setiap tahunnya. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), industri skincare bertumbuh hingga 9,61% per 2022. Terakhir, jumlah perusahaan yang menjual skincare dikabarkan meningkat sebesar 20,6%. Kondisi ini menunjukkan kalau semakin banyak pemain lokal yang bermain di dalam industri skincare. Di satu sisi ini menjadi petanda bagus karena menunjukkan peluang pasar yang bisa diambil oleh kita, di sisi lain ini menandakan akan semakin ketatnya persaingan dalam berjualan produk skincare. Mau tidak mau, kita, sebagai yang bergerak di industri skincare, mesti memikirkan cara agar produk atau brand skincare kita bisa lebih dilirik ketimbang milik kompetitor. Tidak harus yang berbeda sekali, minimal kita bisa menunjukkannya melalui konten-konten yang kita buat.
Kenapa tiba-tiba menyinggung soal media sosial (medsos)?
Karena, hanya melalui medsos, kita bisa membentuk persepsi audiens sesuai dengan yang kita inginkan. Bisa membentuk pemikiran mereka agar percaya kalau produk atau brand skincare kita seperti ini itu dan berbeda dengan brand-brand lain.
Masalahnya, sekarang ini membuat konten tidaklah semudah dulu, ketika jumlah pemainnya masih terbatas. Sekarang sudah banyak konten yang seragam, dan terkadang terbukti efektif, terkadang juga tidak. Karena itu, kita perlu mencari cara agar konten skincare yang kita buat bisa powerful dan memiliki keunikannya tersendiri. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melihat ide konten Instagram skincare yang akan kami tunjukkan kepada Anda. Dengan menyimak penjelasan yang disertai dengan contoh-contohnya seperti apa, Anda akan lebih mendapat gambaran dalam membuat konten nantinya.
Berikut kami sajikan ide konten Instagram skincare kepada Anda. Silakan menyimaknya sampai habis!
Ide konten Instagram skincare

1. Perbandingan dua produk
Jangan salah, membandingkan kedua produk bisa dijadikan sebagai salah satu referensi dalam membuat konten Instagram skincare, lho. Sifatnya pun bukan sekadar membandingkan kedua produk yang berbeda, tetapi untuk membuat orang-orang tertarik untuk membeli masing-masing produk.
Jika kita posisikan diri sebagai audiens brand skincare, misalnya, tentu kita memiliki interest yang tinggi untuk membeli produk skincare, terlebih jika brand yang kita incar sudah gencar promosi di mana-mana.
Nah, dengan adanya konten perbandingan kedua produk seperti ini, tentu keinginan kita untuk membeli produk akan semakin meningkat karena produk semakin terlihat menarik di mata kita.
Kita ambil contoh SOMETHINC, di mana salah satu konten mereka membandingkan kedua produk mereka, dengan slide-slide berikutnya menjelaskan sedikit spesifikasi dan kelebihan dari masing-masing produk.

Nah, dengan membandingkan kedua produk seperti ini, kita yang melihat kontennya pun akan semakin tertarik untuk membeli masing-masing atau bahkan keduanya sekaligus gara-gara efek magis yang ditimbulkan oleh kontennya.

2. Setiap solusi ada produknya
Untuk membuat konten skincare yang menarik, hal pertama yang mesti kita perhatikan adalah target audiens kita. Bagaimana caranya agar konten yang kita buat bisa menggambarkan isi hati audiens kita dengan baik.
Kita tahu sendiri kalau target audiens brand skincare mencari produk yang tepat untuk permasalahan kulit mereka. Produk yang tentunya juga sudah sesuai dengan jenis kulit mereka — disertai dengan penjelasan yang meyakinkan dan kredibel.
Oleh karena itu, Anda bisa membuat konten yang memberikan setiap solusi berdasarkan produk-produk yang Anda miliki. Untuk gambarannya, Anda bisa melihat apa yang dilakukan oleh SOMETHINC.

Bisa dilihat kalau mereka memberikan setiap solusi dengan produk-produk mereka. Sudah disertai dengan penjelasan tentang produknya untuk meyakinkan calon pembeli.
Konten seperti ini jelas terlihat menarik di penglihatan audiens. Karena menjawab apa yang dicari oleh audiens dari produk skincare.

3. Pasangan produk
Ketika melihat suatu produk skincare, tentu kita akan terpikirkan tentang produk lain yang sekiranya cocok jika dipasangkan dengan produk tersebut, karena ingin agar efek yang didapatkan maksimal tetapi produk-produk yang digunakan cocok dengan kulit. Anda pun kalau disuruh membeli produk skincare akan seperti itu, bukan?
Oleh karena itu, Anda dapat membuat konten yang isinya tentang pasangan produk yang cocok dari produk yang menjadi incaran konsumen Anda. Sebisa mungkin, buatlah banyak opsi agar keinginan audiens untuk membeli semakin meningkat.

Dalam hal ini, kita bisa mencontoh apa yang dilakukan oleh SOMETHINC. Mereka membuat konten di mana banyak pilihan pasangan untuk produk yang dibahas. Dengan adanya konten seperti ini, tentu orang-orang akan semakin terpikirkan untuk membeli produk maupun pasangannya.

4. Konten musiman
Selain makanan dan pakaian, ternyata konten musiman bisa berlaku juga untuk brand skincare, lho! Contohnya apa yang dilakukan oleh SOMETHINC berikut ini:
Kebanyakan konten bertemakan bulan Ramadhan hanya berlaku untuk makanan dan pakaian. Tetapi, entah bagaimana caranya, SOMETHINC bisa membuat konten bertema Ramadhan yang masuk akal dan applicable! Tentang jadwal skincare yang pasti berubah mengikuti jadwal Ramadhan.
Walau mungkin ide ini sudah diambil oleh SOMETHINC dan akan sulit untuk di-generate dalam bentuk atau format lain, apa yang bisa Anda ambil adalah bagaimana cara SOMETHINC memanfaatkan musim atau momen dengan baik. Mengaitkannya dengan permasalahan yang mungkin dialami oleh audiens!

Penutup
Itu dia beberapa ide konten Instagram skincare yang menarik dan unik. Untuk bisa membuat konten-konten seperti ini, intinya Anda harus sebisa mungkin memposisikan diri sebagai target audiens Anda. Mengetahui apa saja yang dipermasalahkan oleh mereka, dan solusi yang tepat menggunakan produk Anda adalah apa.
Namun, kalau Anda inginnya hanya berfokus pada berjualan saja, dan untuk membuat konten dibantu pihak lain, Anda bisa mengandalkan Increasink untuk urusan ini.
Increasink sendiri merupakan digital agency yang bergerak di bidang digital marketing dan branding. Kami menyediakan layanan social media management untuk membantu bisnis berkembang.
Silakan hubungi kontak ini jika Anda berminat. Kami siap melayani kebutuhan Anda